Saturday, May 10, 2014

Pengalaman Pertama: Donor Darah "Akhirnya Berani Juga"

Sabtu, 10 Mei 2014 akhirnya saya berani juga ikut donor darah dan didasari dari keinginan sendiri yang menggebu-nggebu.. hehehe...
Sebelumnya saya kira donor darah diadakan hari Kamis dan saya sempat kecewa karena hari Kamis jadwal full jadi dapat dipastikan tidak bisa ikut donor darah. Eee.. ternyata dondar nya diadakan hari Sabtu, dilaksanakan di UKS SMANSA Kebumen.
Tidak ada persiapan apa-apa sebelum dondar, pola makan dan menu makan pun tidak ada yang istimewa,, seperti biasanya. Padahal kata orang perlu persiapan dulu sebelum dondar, makan yang bergizi, jangan tidur larut dan lain sebagainya dengan tujuan bila tiba waktu dondar, kondisi tubuh memenuhi syarat.
Sekitar jam tengah 10 turun menuju UKS, alhamdulillah belum ada yang antri.
Sebelum dondar mengisi angket terlebih dahulu yang isinya data pribadi dan kuisioner tentang riwayat kesehatan. Angket yang sudah diisi diserahkan petugas PMI, lalu tes kadar Hb. Jari manis ditusuk jarum lalu dengan pipa kapiler di ambil darahnya oleh petugas kemudian darah tersebut dicemplungkan ke dalam larutan berwarna biru. Jika darah tenggelam maka memenuhi kriteria (kadar Hb >12). Sempat takut sebelum jari manis ini di tusuk, sempat takut juga kalau nanti pas di ambil darahnya tiba-tiba pingsan, sempat takut juga kalau kadar Hb nya tidak memenuhi, pokoknya berbagai pikiran negatif tiba-tiba bermunculan.
Alhamdulillah semua memenuhi, darahnya tenggelam dan tensi darah 120.
Tarrraaaa.... tibalah saat pengambilah darah,,, astaga.. jarum untuk menyedot darahnya gedee bangedd :(
Bismimillah..bismillah... daan akhirnya cenud! jarum yang besar itu sudah menuncep di tangan dan alhamdulillah darah mengalir.
Kata petugas PMI yang mengambil darah, aliran darah saya tidak begitu cepat sehingga agak lama prosesnya, iya juga siih, teman yang bareng di ambil darahnya dengan saya, dia selesai lebih dulu ketimbang saya.
Alhamdulillah.. selesai juga darah saya di ambil katanya 350 cc. Bahagia banget melihat darah yang ada di kantong darah. Ketika jarum dicabut terasa cenud! lagi :(
Tapi over all.. dondar itu sangat MEMBAHAGIAKAN dan TIDAK SAKIT.
Semoga bisa dondar lagi dikesempatan yang akan datang :)

cheeers \^^/
rasanya bahagiaaaa banget melihat darah kita, semoga bermanfaat :)

Pengalaman Pertama: Donor Darah "Akhirnya Berani Juga" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andhiart ab

0 comments:

Post a Comment

Untuk pembaca yang menginginkan pembahasan atau kunci jawaban dari post soal silahkan wa 08562908044 (fast respond) | monggo tinggalkan kritik, saran, komentar atau apapun ^_^